Senin, 14 Januari 2013

buat buttermilk sendiri

Buttermilk merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat kue, terkadang kita ingin mencoba salah satu resep kue tetapi mengurungkan niat tersebut karena salah satu bahan membuat kue menggunakan buttermilk. Kenapa??ya...salah satu alasannya karena nggak tau n nggak ngerti tu bahan rupanya n klo buat bagaimana ya kan...tpi jangan khawatir kali ini saya akan mencoba memberi informasi sedikit tentang buttermilk dan semoga bermanfaat amiin. Ok here we go!

Buttermilk adalah cairan sisa setelah cream menjadi butter. trus bagaimana membuat butter agar bisa mendapatkan buttermilk??ok...kita akan membut butter terlebih dahulu agar juga bisa mendapatkan buttermilk all right ni caranya ya simak baik-baik karena ada beberapa cara dan apa yang bisa digunakan sebagai pengganti buttermilk :
membuat butter dan buttermilk I:
250 ml(1 cup) heavy cream,
1/4 sdt garam,
wadah seperti bekas selai atau shaker
cara :
campurkan heavy cream dan garam ke dalam bbotol skaker tutup rapat dan shake selama 15-20 menit,kemudian saring pisah kan air dan butternya. nah airnya tadi disebut buttermilk.
membuat butter dan buttermilk II 
250 ml(1 cup) heavy cream,
4-5 sdm air es
cara : 
heavy cream shake dalam food processor selama 10-15 menit, kemudian tambahkan air es kemudian shake lagi 10 menit, lalu pisahkan air dan butternya dengan saringan, tara......jadi deh butter dan buttermilk nya ya....
Tetapi kita juga boleh mengganti atau istilahnya buttermilk subtitute,buttermilk bisa diganti dengan :
1 cup (250ml) susu segar,
1 sdm air jeruk nipis atau lemon,
1 sdm cuka putih
cara: aduk rata air jeruk, cuka dan susu biarkan sekitar lima menit jadi deh buttermilk subtitute nya.
atau bisa juga butter milk di ganti dengan yaitu:
-bisa menggunakan yoghurt sebanyak buttermilk yang dibutuhkan atau
-buat campuran antara susu dan yoghurt sebanding misal diperlukan 200 ml buttermilk maka 100 ml susu dan 100 ml yoghurt,
-bisa menggunakan susu ultra cair warna biru yang 1000ml dicampur dengan 1 3/4 sdt cream tar-tar,
- bisa pakai 1/4 bubuk buttermilk dan 1 cup air
Nah....banyak kan caranya jadi tidak ada alasan lagi nggak jadi buat kue nya karena nggak ada buttermilk dan selamat membuat kue.....hope you make delicious cakes.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar